Mitsubishi Pajero Sport lokal mulai dipasarkan di Tanah Air.

Cara Mengatasi Laptop Reboot And Select Proper Boot Device

Posted on
🚩‘Reboot and Select Proper Boot Device’ → Windows 7/8/10 Error

Apakah Anda sedang mengalami masalah pada laptop Anda dengan pesan error “Reboot and Select Proper Boot Device”? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Banyak pengguna laptop yang mengalami masalah ini dan menyebabkan ketidaknyamanan serta kehilangan data penting. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengatasi masalah ini.

Apa itu “Reboot and Select Proper Boot Device”?

Pesan error “Reboot and Select Proper Boot Device” muncul ketika laptop tidak dapat menemukan sistem operasi atau boot loader yang tepat saat dihidupkan atau rebooted. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti hard drive rusak, BIOS yang tidak terkonfigurasi dengan benar, atau kerusakan pada motherboard.

Baca juga:
Cara Mengatasi Laptop Yang Mati Sendiri: Tips Dan Trik Yang Ampuh

Penyebab Umum “Reboot and Select Proper Boot Device”

Berikut adalah beberapa penyebab umum mengapa pesan error “Reboot and Select Proper Boot Device” muncul:

  • Hard drive rusak atau tidak terhubung dengan benar
  • Boot order yang salah di BIOS
  • BIOS yang tidak terkonfigurasi dengan benar
  • Perangkat boot eksternal yang terhubung ke laptop
  • File sistem yang rusak atau hilang
  • Infeksi virus pada sistem operasi
  • Kerusakan pada motherboard

Cara Mengatasi “Reboot and Select Proper Boot Device”

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi pesan error “Reboot and Select Proper Boot Device”:

1. Periksa Koneksi Hard Drive

Langkah pertama adalah memeriksa koneksi hard drive Anda. Pastikan kabel SATA atau IDE tersambung dengan benar ke motherboard dan hard drive. Jika koneksi tidak terhubung dengan benar, laptop Anda tidak akan dapat membaca hard drive dan akan menampilkan pesan error.

2. Cek Boot Order

Buka BIOS laptop Anda dan periksa pengaturan boot order. Pastikan hard drive yang berisi sistem operasi diatur sebagai boot device utama. Jika tidak, atur ulang boot order dan pastikan hard drive diatur sebagai perangkat boot utama. Simpan pengaturan dan restart laptop Anda.

Baca juga:
Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah Dan Efektif

3. Periksa Konfigurasi BIOS

Periksa konfigurasi BIOS Anda untuk memastikan pengaturan yang benar. Pastikan mode AHCI diaktifkan jika Anda menggunakan hard drive Serial ATA (SATA). Jika Anda menggunakan hard drive IDE, pastikan mode IDE diaktifkan.

4. Matikan Perangkat Boot Eksternal

Jika perangkat boot eksternal seperti flash drive atau CD-ROM terhubung ke laptop, matikan perangkat terlebih dahulu sebelum mencoba booting kembali. Perangkat boot eksternal dapat mengganggu proses booting dan menyebabkan pesan error.

5. Gunakan Perintah Bootrec

Jika masalahnya adalah file sistem yang rusak atau hilang, Anda dapat menggunakan perintah Bootrec untuk memperbaiki masalah tersebut. Bootrec adalah alat bawaan di Windows yang dapat memperbaiki boot loader yang rusak atau tidak berfungsi.

Untuk menggunakan perintah Bootrec, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Boot dari DVD instalasi Windows atau flash drive bootable.
  2. Pilih language dan klik Next.
  3. Klik Repair your computer di pojok kiri bawah.
  4. Pilih Troubleshoot dan kemudian Advanced options.
  5. Pilih Command Prompt.
  6. Masukkan perintah berikut: bootrec /fixmbr, bootrec /fixboot, dan bootrec /rebuildbcd.
  7. Restart laptop Anda dan cek apakah pesan error sudah hilang.

6. Scan Virus

Jika masalahnya disebabkan oleh infeksi virus pada sistem operasi, Anda dapat melakukan scan virus menggunakan program antivirus terpercaya. Pastikan program antivirus Anda selalu terbaru dan lakukan scan secara berkala untuk mencegah infeksi virus pada laptop Anda.

7. Ganti Hard Drive atau Motherboard

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar masalahnya adalah kerusakan pada hard drive atau motherboard. Anda dapat mengganti hard drive atau motherboard yang rusak dengan yang baru atau membawa laptop Anda ke service center terdekat untuk diperbaiki.

Baca juga:
Cara Mengatasi Kursor Hilang: Solusi Praktis Untuk Masalah Umum

FAQ

1. Apa yang harus saya lakukan jika pesan error “Reboot and Select Proper Boot Device” muncul?

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa koneksi hard drive dan boot order di BIOS. Jika masalahnya masih terjadi, coba gunakan perintah Bootrec untuk memperbaiki masalah atau lakukan scan virus menggunakan program antivirus terpercaya.

2. Apa yang menyebabkan pesan error “Reboot and Select Proper Boot Device” muncul?

Pesan error “Reboot and Select Proper Boot Device” muncul ketika laptop tidak dapat menemukan sistem operasi atau boot loader yang tepat saat dihidupkan atau rebooted. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti hard drive rusak, BIOS yang tidak terkonfigurasi dengan benar, atau kerusakan pada motherboard.

3. Apakah perangkat boot eksternal dapat menyebabkan pesan error “Reboot and Select Proper Boot Device”?

Ya, perangkat boot eksternal seperti flash drive atau CD-ROM dapat mengganggu proses booting dan menyebabkan pesan error.

4. Apa yang harus saya lakukan jika hard drive rusak?

Jika hard drive rusak, Anda dapat mengganti hard drive yang rusak dengan yang baru atau membawa laptop Anda ke service center terdekat untuk diperbaiki.

Baca juga:
Cara Mengatasi Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Nyala

5. Apa yang harus saya lakukan jika motherboard rusak?

Jika motherboard rusak, Anda dapat mengganti motherboard yang rusak dengan yang baru atau membawa laptop Anda ke service center terdekat untuk diperbaiki.

6. Mengapa saya harus melakukan scan virus pada laptop saya?

Scan virus dapat membantu melindungi laptop Anda dari infeksi virus dan mencegah masalah seperti pesan error “Reboot and Select Proper Boot Device” muncul.

7. Apakah perlu membawa laptop ke service center jika tidak dapat memperbaiki masalah sendiri?

Jika semua cara di atas tidak berhasil dan masalahnya adalah kerusakan pada hard drive atau motherboard, disarankan untuk membawa laptop ke service center terdekat untuk diperbaiki. Perbaikan sendiri dapat membuat masalah menjadi lebih buruk jika tidak dilakukan dengan benar.

Kesimpulan

Pesan error “Reboot and Select Proper Boot Device” dapat terjadi pada laptop Anda karena beberapa faktor seperti hard drive rusak, BIOS yang tidak terkonfigurasi dengan benar, atau kerusakan pada motherboard. Namun, dengan mengikuti panduan lengkap di atas, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memulihkan sistem operasi laptop Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *